Definisi Korupsi

Korupsi adalah persoalan klasik yang telah lama ada. Sejarawan Onghokham menyebutkan bahwa korupsi ada ketika orang mulai melakukan pemisahan antara keuangan pribadi dan keuangan umum. Menurut Onghokham pemisahan keuangan tersebut tidak ada dalam konsep kekuasaan tradisional. Dengan kata lain korupsi mulai dikenal saat sistem politik modern dikenal.

Konsepsi mengenai korupsi baru timbul setelah adanya pemisahan antara kepentingan keuangan pribadi dari seorang pejabat negara dan keuangan jabatannya. Prinsip ini muncul di Barat setelah adanya Revolusi Perancis dan di negara-negara Anglo-Sakson, seperti Inggris dan Amerika Serikat, timbul pada permulaan abad ke-19. Sejak itu penyalahgunaan wewenang demi kepentingan pribadi, khususnya dalam soal keuangan, dianggap sebagai tindak korupsi.

Demokrasi yang muncul di akhir abad ke-18 di Barat melihat pejabat sebagai orang yang diberi wewenang atau otoritas (kekuasaan), karena dipercaya oleh umum. Penyalahgunaan dari kepercayaan tersebut dilihat sebagai penghianatan terhadap kepercayaan yang diberikan. Konsep demokrasi sendiri mensyaratkan suatu sistem yang dibentuk oleh rakyat, dikelola oleh rakyat dan diperuntukkan bagi rakyat.

Konsep politik semacam itu sudah barang tentu berbeda dengan apa yang ada dalam konsep kekuasaan tradisional.  Dalam konsep kekuasaan tradidonal raja atau pemimpin adalah negara itu sendiri. Ia tidak mengenal pemisahan antara raja dengan negara yang dipimpinnya. Seorang raja atau pemimpin dapat saja menerima upeti dari bawahannya atau raja menggunakan kekuasaan atau kekayaan negara guna kepentingan dirinya pribadi atau keluarganya. Perbuatan tersebut tidak dianggap sebagai korupsi, kekuasaan politik yang ada di tangan raja bukan berasal dari rakyat dan ia rakyat sendiri menganggap wajar jika seorang raja memperoleh manfaat pribadi dari kekuasaannya tersebut.

Pengertian korupsi dalam arti modern baru terjadi kalau ada konsepsi dan pengaturan pemisahan keuangan pribadi dan sebagain pejabat sangat penting, sebab seorang raja tradisional tidak dianggap sebagai koruptor jika menggunakan uang negara, karena raja adalah negara itu sendiri.

Namun secara tidak sadar sebenarnya konsepsi tentang  anti korupsi sudah ada sejak lama, bahkan sebelum pemisahan kekuasaan politik secara modern dikenal. Justru dimana tidak adanya pemisahan antara keuangan dari raja/pejabat negara dengan negara itulah yang memunculkan konsepsi anti korupsi.

Dengan demikian korupsi dapat didefiniskan sebagai suatu tindak penyalahgunaan kekayaan negara (dalam konsep modern), yang melayani kepentingan umum, untuk kepentingan pribadi atau perorangan. Akan tetapi praktek korupsi sendiri, seperti suap atau sogok, kerap ditemui di tengah masyarakat tanpa harus melibatkan hubungan negara.

Istilah korupsi dapat pula mengacu pada pemakaian dana pemerintah untuk tujuan pribadi. Definisi ini tidak hanya menyangkut korupsi moneter yang konvensional, akan tetapi menyangkut pula korupsi politik dan administratif. Seorang administrator yang memanfaatkan kedudukannya untuk menguras pembayaran tidak resmi dari para investor (domestik maupun asing), memakai sumber pemerintah, kedudukan, martabat, status, atau kewenangannnya yang resmi, untuk keuntungan pribadi dapat pula dikategorikan melakukan tindak korupsi.

Definisi ini hampir sama artinya dengan definisi yang dilontarkan oleh pemerintah
Indonesia baru-baru ini. Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Menko Wasbang tentang menghapus KKN dari perekonomian nasional, tanggal 15 Juni 1999, pengertian KKN didefinisikan sebagai praktek kolusi dan nepotisme antara pejabat dengan swasta yang mengandung unsur korupsi atau perlakuan istimewa. Sementara itu batasan operasional KKN didefinisikan sebagai pemberian fasilitas atau perlakuan istimewa oleh pejabat pemerintah/BUMN/BUMD kepada suatu unit ekonomi/badan hukum yang dimiliki pejabat terkait, kerabat atau konconya. Bentuk fasilitas istimewa tersebut meliputi:

  1. Pelaksanaan pelelangan yang tidak wajar dan tidak taat azas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah atau dalam rangka kerjasama pemerintah/BUMN/BUMD dengan swasta.
  2. Fasilitas kredit, pajak, bea masuk dan cukai yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku atau membuat aturan/keputusan untuk itu secara eksklusif.
  3. Penetapan harga penjualan atau ruislag.
     

Suatu analisa menarik dilontarkan oleh John Girling bahwa korupsi sebenarnya mewakili persepsi yang normatif dari ekses kapitalisme, yaitu kulminasi dari proses yang sistematik dari parktekpraktek kolusi yang terjadi diantara elite politik dan pelaku ekonomi, yang melibatkan kepentingan publik dan kepentingan pribadi (swasta). Dengan kata lain, korupsi terjadi pada saat pelaku ekonomi mencoba memanfaat kekuasaan yang dimiliki oleh elite politik untuk mengejar keuntungan (profit), di luar proses yang sebenarnya. Sementara elite politik sendiri memanfaatkan hubungan tersebut untuk membiayai dirinya sendiri atau bahkan membiayai praktek politik yang dilakukannya.

Konsep demokrasi modern dan kapitalisme telah melahirkan kontradiksi antara kepentingan birokrasi pemerintahan yang harus melayani kepentingan umum dengan perkembangan dan intervensi kepentinngan pasar. Di satu sisi, dengan mandat atas nama rakyat yang diperoleh oleh sistem pemerintahan demokratik, maka ia harus mengedepankan kepentingan rakyat secara umum. Sementara perkembangan kapitalisme, yang juga berkepantingan terhadap birokrasi modern, berbanding terbalik dengan kepentingan umum. Akumulasi modal yang menjadi logika dasar dari kapitalisme mengharuskan adanya kontrol pasar dan jalur distribusi. Maka untuk meraih kepentingan tersebut tak jarang para pengusaha menggunakan jalur birokrasi publik untuk kepentingan mereka. Inilah yang dikenal sebagai kolusi, yang merupakan bentuk akomodasi normal antara kepentingan politik dan ekonomi. Kolusi merupakan bentuk pra-kondisi dari korupsi.

Sudah barang tentu pelaku ekonomi memperoleh manfaat keuntungan ekonomi dari hubungan tersebut. Sementara para elite politik memperoleh keuntungan untuk membiayai kepentingankepentingan politik yang akan mereka raih.

Lantas bagaimana korupsi itu dipraktekkan?

Menurut Onghokham ada dua dimensi dimana korupsi bekerja. Dimensi yang pertama terjadi di tingkat atas, dimana melibatkan penguasa atau pejabat tinggi pemerintahan dan mencakup nilai uang yang cukup besar.
Para diktator di Amerika Latin dan Asia Tenggara misalnya berhasil mengumpulkan uang jutaan dollar dari sumber alam dan bantuan luar negeri.

Sementara itu dalam dimensi yang lain, yang umumnya terjadi di kalangan menengah dan bawah, biasanya bersentuhan langsung dengan kepentingan rakyat atau orang banyak. Korupsi yang terjadi di kalangan menengah dan bawah acap menghambat kepentingan kalangan menengah dan bawah itu sendiri, sebagai contoh adalah berbelitnya proses perizinan, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), proses perizinan di imigrasi, atau bahkan pungutan liar yang dilakukan oleh para polisi di jalan-jalan yang dilalui oleh kendaraan bisnis, dan lain sebagainya. Sejarah sendiri mencatat bahwa Perang Diponegoro, yang terjadi pada tahun 1825-1830, muncul akibat protes rakyat terhadap perbuatan pejabat-pejabat menengah, seperti Demang atau Bekel, dalam soal pungutan pajak, pematokan tanah untuk jalan tol, dan khususnya pungutan-pungutan yang dilakukan oleh para pejabat yang bertanggungjawab terhadap pintu gerbang tol.

60 responses to “Definisi Korupsi

  1. mksih dah bntu bwd makalah..
    keep sukses bwd web ni..

  2. makasih dah bantuwin bwd tgs kn d skul!!!

  3. the korupsi is fuck

  4. duh,,koq ngerjain tugas sekolah malah copy-paste sih,,huh malu-maluin alumni 78 aja nih,,hehe

  5. * Oleg: “Nggak apa-apa, itung-itung bantuan dari kakak kelasnya… ;)

  6. Ping-balik: Korupsi dan Engkong Plato « A Journal of A Not-Superman Human

  7. Garry_Fisip_UNPAD

    korupsi akan terus terjadi selama sistem demokrasi parlementer ini tidak diubah menjadi demokrasi kerakyatan yg berpihak pada rakyat,selama ini yg terjadi oleh sistem demokrasi parlementer adalah dari rakyat,oleh penguasa,dan untuk koruptor???sama sekali kontradiktif dengan isi sila ke2 dari pancasila yaitu kemanusiaan yg adil dan beradab?dan yg menjadi pertanyaan,dimanakah esensi dari kata adil itu sendiri???????????,semuanya kembali kepada penilaian dan langkah anda,mau dibawa kemana bangsa ini???????,

  8. korupsi itu indah…..

  9. Konon, Cina adalah negeri pertama yang melakoni segala bentuk praktek korupsi moderen seperti yang dikenal sekarang ini. Jangan salah juga, RRC pernah menjadi negeri terkorup jauh sebelum indeks korupsi diperkenalkan. Istilah yg kemudian kita kenal dengan KKN itu, juga sudah dilakoni di negeri Cina. Tidak mengherankan jika pemerintah RRC tanpa ragu-ragu memberlakukan hukuman mati kepada koruptor. Ini tidak lain karena pemerintah RRC sangat tahu bagaimana berbahanya korupsi itu dan sangat paham bagaimana untuk memberantasnya.

  10. pembahasannya kurang ngena. tolong dunkz di dalemin lagee

  11. korupsi???????????????????????????? andaikata orang2 pda ngeh mengenai arti berbagi secara benar?????

  12. thx dah bantuin tugas skulah, kalo bisa d adain study kasusnya

  13. makasih cz ni dah b guna bgt bwt q

  14. heidy_fisip UNSRAT

    weeeeeeesssssssssssss………………korupsi rakyat jadi miskin,,,,yang calon birokrat jangan korupsi yeehh….kasian rakyatnya!!!!!

  15. very interesting, but I don’t agree with you
    Idetrorce

  16. thanks for this web…..

  17. lumayan dpt tambaha beberapa kalimat buat skripsi, eheheheh, thanks ya.

  18. thanks berguna bgt buat referensi makalah Character Building II saya…hehe

  19. Ping-balik: Ka Pe Ka …. ! Cerita lain dibalik sangarnya :D « RUDY HILKYA SANCTUM

  20. Korupsi, perilaku yang sangat tidak terpuji dan rakus, serta menyengsarakan rakyat :kebodohan, keterbelakang , kemiskinan dll-nya ini semua karena koruptor yang mau enak sndiri, keluarga sendiri konconya sendiri….., tegakan hukum yang adil………………..

  21. yyah cukup berguna.lumayan jd jalan keluar bwt makalah yg cukup mbikin stress.hakhak.
    korupsi.?mnyebalkan.!

  22. cindy nack smk 04 mks

    KOROPSI…………………………………./////??????????? KNPA SEH MESTI ADA KAN KASIHAN MA ORANG YG JD KORBAN,,,,,,,,,POKOKx aq g stujuh??????????????????? tp klo koropsi cinta ddunia setujuh g y…………….????????????????????? blZZZZZZZZZZ k e_maiL q y>>>>>>>>>>>>>>???????

  23. makasih jg dah bantuin tugas kuliah gw yg ngeselin ini,,hixx

  24. salam kenal sebelumnya
    jangan pernah berhenti menyuarakan suara anda untuk memberantas korupsi.
    saya pikir korupsi sudah menjadi budaya bagi masyarakat dunia pada umumnya termasuk indonesia. oleh karena itu lawan korupsi mulai dari diri kita sendiri, baru segala bentuk peraturan baik undang2 ataupun peraturan lain baru dapat diteggakkan. dan satu kelemahan dari UU yang ada adalah kurangnya memberikan efek jera bagi pelaku korupsi sehingga para pelaku korupsi yang ada maupun yang memiliki potensial untuk itu akan tetap selalu eksisis walaupun ratusan bahkan jutaan peraturan mengenai korupsi tidak pernah mencapai tujuan hukum pidana itu sendiri…
    terima kasih

  25. saya hidup dari korupsi

  26. Ping-balik: Hari Korupsi Sedunia | LuckyWinarno's Blog

  27. Makasih!!!
    dah bantu bikin makalah buat kul!

  28. tank’s banget akhirnya kelar juga kerjaaku, z aku gi da tugas nich…tank’s yooooooo

  29. Mohon ijin ……
    tulisannya ku jadikan referensi

  30. Ping-balik: Kecewa « Robertus Arian

  31. apakah ada tindakan preventif yang real dari pemerintah untuk menggalakan atau mengkampanyekan tipikor? terutama kepada para mahasiswa yang kuliahnya berada dalam lingkungan keuangan??????

  32. buat yang hidup dari korupsi, atau yang lingkungan kerjanya dekat dengan godaan korupsi, semoga semakin terbuka matanya dengan tulisan2 di atas. buat mahasiswa2 yang masih belajar dan geram thd korupsi, pertahankan idealisme kalian. karena, ketika dlm situasi nyata besok, bukan g mungkin idealisme itu luntur, dan korupsi itu udah kaya gajah di pelupuk mata..
    lebih baik kayanya pemerintah segera mengikuti RRC yang memberlakukan hukuman mati bagi koruptor. apakah kita harus terus mempertahankan HAM koruptor2 yang dengan tega merampas hak2 jutaan rakyat yang udah jauh lebih sengsara dari mereka kalau mereka g korupsi??

  33. Ping-balik: pajolo » Blog Archive » Prestasi Dan Korupsi

  34. mkasih infonya.
    ^_^
    salam magic love us!

  35. budaya korupsi….
    arti nya telah menjadi adat istiadat dan kebiasaan.
    untuk merubah budaya…
    diperlukan sebuah revolusi
    untuk membuat revolusi,memerlukan waktu yg lama…
    tapi kapan????????
    ketika semua orang telah membaca pertanyaan ini dan berusaha mencari jawaban..dan mempraktekkan nya

  36. koruptor gateli kabeh mari lahir batin baleni meneng COMPOK NAMA KPK CEPAT bir gak malu -maluin INDONESIA

  37. helga ledychya pangkey

    ANTI KORUPSI…..!!!!!!!GUE BANGET
    PRO KEJUJURAN….!!!!!!GUE BANGET JUGA

  38. Korupsi lagi korupsi lagi.banyak uang rakyat yang mengalir percuma ke tangan orang yang menyalahgunakan wewenangnya.seharusnya mereka gunakan kekuasaan mereka untuk membantu rakyat kurang mampu,bukannya berlomba lomba beli mobil baru tiap minggunya.Duh kasihan rakyat masih kelaparan,kekurangan sandang dan pangan.tapi para koruptor hidup mewah dan bersenang senang ria diatas penderitaan mereka.Apa mereka tidak punya nurani???lihatlah anak anak jalanan yang mencari uang dengan susah payah demi sesuap nasi.Tapi para koruptor????jangan ditanya lagi.apa maunya mereka,apakah tak cukup materi harta dan kekayaan yang mereka dapat selama ini???STOP korupsi.

  39. Mohammad Taufik_TEKIM undip 09

    Alhamdulilah disaat kbingungan buat makalah ada yang kaya gini…hehehe
    thanks

  40. mksih sblumny dah bantuin bwad tughas
    moga za korupsi diindonesia menyurut

  41. Lumayan…..^_^

    Bisa bantu gw spy gw bisa lebih mengerti pa itu KKN. (^_^)

    Makcie buat yg bikin situs Web ni

  42. SEBAIKNYA PEMERINTAH HARUS MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG MUTU PEMBERANTASAN KKN KARENA PEMBELAJARAN SEJAK DINI HARUS DILAKUKAN AGAR PARA GENERASI MUDA TIDAK MENGALAMI APA ITU KKN DAN MENJADI SEORANG YANG MEMILIKI SIFAT ANTI KORHUPSHIIII????CONTONYA SAJA ADIK SAYA SELALU BERTANYA TANYA DALAM HATINYA KENAPA PARA PEJABAT MELAKUKAN TINDAKAN KKN DAN KITA LIHAT PEKERJAAN MEREKA LEBIH MENJAMIN KEHIDUPANNYA DIBANDINGKAN ORANG-ORANG YANG BEKERJA SEBAGAI PEMULUNG,PENGEMIS, DAN YANG BEGITU-BEGITU DCH . OOOOKYY

  43. KORUPSI LAGHI KORUPSI LAGHI UDHA DHE KENAPA YA ORANG-ORANG YANG MELAKUKAN KKN TIDAK JERA JERA JUGA GHUE SAJA YANG BIASA NGORUP TOH SEKARANG UDAH THOBHAAT YOU NAW ANDGUE SUMPAIN YHA ORANG YANG MELAKUKAN KKN SEMOGA PERUTNYA SEMAKIN HARI SEMAKIN BUNCHIT KALAU PERLU SEBASAR GUNUNG BAWA KARAENG GHIT TAPISAYA TIDAK TERMASUK KARENA GHUE UDHA THOBAT

  44. HAI MY NAME IS UKHY AKU MAU IKUTAN JUGA DHONG KALAU GUE SIC KORPSI ITU UDAH UDDAH DEH KARENA ELHO-ELHO NGHA MALU DIKATA KATAIN SEBAGA ORANG YANG MISKIN GHITU DHE KARENA ORANG YANG KHORUPSI ITU TERMASUK CHALON ORANG PENGHUNI NERAKA JHANNAMMMMMM IH SHEREEEM????/ ATHUT IH..IH AMIT AMIT DCH KALAU GHUE NGIKHUTHIN ELLHO PADHE DAN ELHO ITU LBH MURAHAN DARI PD ORANG PEMBUNU BAYARANANANANAN

  45. BISMILLAHI ROHMANI ROHIM YA ALLAH AMPUNILAH DHYA-DHYA YANG MELAKUKAN KKN BACAUSE OM GHUE ITU TERMASUK DALAM GOLONGAN ITU PADAHAL KLU GHUEN LHIAT YAH DIA ITU GANTENG ,BAIK HATI ,DAN TIDAK SOMBONG TAPI NGA PUNYA SOMBONG GHITU KAYA ISTRINYA . DAN SAYA BILANG SEMOGA ORANG-ORANG YANG KHORUP SAMPAI SAAT INI SEMOGHA UDAH CUKUP N KALAU PERLU OM GHUE DCH YG TERAKHIR ……AMHIIIIIIN?????

  46. AH KORUPSI ITU LAGI- ITU LAGI UDHA DCH GHUE UDAH CAPEK NGEDENGERX KNP SCH TEMEN GHUE NGATAIN GHUE ITU KHORUPS PADAHAL CAN ADIK GHU N SEMOGA PARA PEJABAT-PEJABAT YANG TERHORMAATATA ITU NYADAR-NYADAR DHIKIT KLU MERKA ITU MAKAN DARI UANG RAKYAT YAITU TERMASUK GHUE .KALAU GHUE SHI NGEIKLASIN AJA UANG ITU TAPI BAGAIMANA DENGAN ORANG-ORANG . JANGAN SAMPEA ORANG-ORANG ITU NGEINGATNYA SAPE ELHO MATHI. SO ELHO-ELHO ITHU THOBAT-THOBAT AJHA DCH KASIAN KAHAN ORANG2 YG DI LUAR SANA TIDAK MAKAN N MINUM. WALALAIKUM SALAM WR.WB

  47. thax abiz yha dah ngebantu aq nyelesaiin tugas kuliah :)

  48. q b’ri dukung@n p’nuh b’w@t KPK n’tuk b’rantas kasus kORUpsi yang da d’ INDONESIA…..

  49. Muhammada loli Saragih

    pokoknya sep bro, good successes ya

  50. Thank’s ya….

  51. Info yang bagus !

    Barangkali artikel “Korupsi” berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya. Klik -> Korupsi ?

  52. tEr!Ma kZh bNyk atAs mAter! tNtG k0rUps!.nyA

  53. artikel yang bermanfaat ni mas,kebetulan saya juga cari info seputar korupsi di indonesia.
    STOP KORUPSI dan SUAP di Indonesia

  54. terima kasih ya……………. dah bantu saya

  55. simpel dan bikin mudeng. :)
    tapi maksudnya utk kepentingan birokrasi dgn akumulasi modal itu bagaimana ya?

  56. Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi. Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa. Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s