10 Prinsip Good Governance

Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi tak ada salahnya saya ingin menuliskan kembali disini tentang 10 Prinsip Good Governance, dengan link yang diklik jika ingin mengetahui lebih jauh, sekedar mengingatkan di akhir pekan:

 

  1. Partisipasi

  2. Penegakan Hukum

  3. Transparasi

  4. Kesetaraan

  5. Daya Tanggap

  6. Wawasan Kedepan

  7. Akuntabilitas

  8. Pengawasan

  9. Efesiensi & Efektifitas

  10. Profesionalisme

54 responses to “10 Prinsip Good Governance

  1. Mas Zul, terima kasih telah menunjukkan ketertarikannya dengan blog saya. Maaf agak telat meresponnya, dan kini sudah ada dalam blogroll. Salam.

  2. Oegan Elsagara gandhy

    pemerintah selayaknya tidak harus memprotek dengan munculnya partai-partai baru. ini di maksudkan untuk perkembangan demokratisasi di Negara indonesia, karena bagaimanapun mereka punya visi dan misi yang jelas . kendatipun demikian, partai tradisional sebagai syarat utama untuk ikut berkompetisi di panggung politik dengan orientasi menyadarkan rakyat secara berkesadaran tinggi, sekaligus mereka berhak memilih partai yang benar-benar pro terhadap nasib dalam memperjuangkan hak-hak rakayat tertindas. hal tersebut kenapa bisa terjadi, karena rakyat saat ini tidak lagi percaya dengankesadaran-kesadaran palsu partai-paratai borjuis yang masih tedak lelah untuk terus mengibuli rakyat nya sendiri.
    terima kasih, Oegan elsagara Gandhy………..Saya dukung Partai mu yang benar-benar progressif………….Chayoo

  3. siiipppppppppppp lah. lumayan buat nateri kulliah

  4. mantap,….. cukup membantu

  5. After reading this article,I want to go out to see the movie with my boy firend.
    Goodbye and Good Luck.

  6. walaupun sistemsistem sudah bagus tapi orangnya ndablek n apatissss tetap saja nolllllllll besarrrrrrrrrrrrr!!!!!! jadi paling tidak saaat pas penerimaan pegawai PNS diadakan Tes ESQ atau sekalian pake lie detector…….

  7. walaupun sistem sudah bagus tapi orangnya ndablek n apatissss tetap saja nolllllllll besarrrrrrrrrrrrr!!!!!! jadi paling tidak saaat pas penerimaan pegawai PNS diadakan Tes ESQ atau sekalian pake lie detector…….

  8. teori administrasi negara

  9. wak ternyata masih banyak yang harus di benahi dari negara ini, jangan pikir jauh-jauh, BBM aja tu yang dibahas kenapa kok ga turun-turun, naeeeeeeeeekkkkkkk aja………..

  10. saya kog gak bisa klik ya……….10 prinsip GG…..terima kasih kalo di send…..penjelasan yg tranparency sama accountability………………..saya lagi nulis tesis dg tinjauan 2 prinsip tadi…………..kalo ada tulisan lain ttg GG….boleh kog di send ke saya………..makasih ya

  11. @ Mabk Sari, maunya saya sih itu harga BBM turun, tapi kan semakin banyak permintaan, semakin mahal pula harganya, apalagi BBM kan barang langka dan terbatas.

    @ Mas Wahab, saya mau kirim kemana? Anda kan tidak mencantumkan alamat email :)

  12. saya kok ga bisa buka ya pak,mungkin ada pass word ?tks

  13. mas Husni Thamrin, saya butuh banget 10 osue good sovernance nih… kok ga bisa di klik ya mas? kasig tau caranya ya mas.. kirim aja ke tattoo_pribadi@yahoo.com ya mas..
    teddy, FISIP UNILA

  14. Selamat Bung, anda telah mengajak untuk berbagai pengetahuan dan informasi yang layak untuk kemajuan kita semua.

  15. maJU”””trust!!!!

    bIar smua tau””pntingX good govrNce

    sOalX cTa2 Sy’ inGIn jd penG imPLemenTasi keBIjakan YG br basis oleh rakYat’u/rakyat”””””

    Z bosan liat keadaan skr””””
    bukanx menjalankan amanah rakyat, eh”’malah cari duit yg banYk”””””!!!!!

  16. Nice Info mas walau mesti bolak-balik halaman..thanks..

  17. berikan lah layanan yang terbaik kepada masyarakat agar dapat mewujudkan pelayanan prima dalam good governance.

  18. Good relationship between government as public servant, private n society is d best way to achieve GG.

    Nice post Pak…tp kok linknya ga bs dibuka ya..???
    Mohon kirimkan saya juga donk related topic mengenai GG diatas…ke
    stoicide00@yahoo.com

    thanks in advance ya..

  19. Mas Husni Thamrin, saya butuh 10 good governance nih… kok ga bisa di klik ya mas? kasih tau caranya ya mas…atau kirim aja ke :lenny_cayank@yahoo.com

  20. oegan: “pemerintah selayaknya tidak harus memprotek dengan munculnya partai-partai baru. ini di maksudkan untuk perkembangan demokratisasi di Negara indonesia, karena bagaimanapun mereka punya visi dan misi yang jelas”

    >> aduh bos jangan sembarangan bikin partai donk kasian ama masyarakat yang jadi bingung. jadi terkesan pembingungan publik, trus partai-partai jadi pada spekulatif semua dalam meraih kemenangan dalam pemilu. toh peran dan fungsi partai politik gak cuma memenangkan pemilu doank. partai politik yang ideal harus mampu menampung, mengartikulasi, juga mengagregasi kepentingan publik. kalo parpol cuma aktif ketika pemilu doank apa bedanya dengan tukang dagang daging yang berusaha membujuk dan mencari pembeli hanya ketika pasar buka. jadi kayak profit oriented tuh, pedagang cari duit, parpol cari simpatisan, lha terus siapa yang jadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah??

  21. @ Mas Santo, justru itu persyaratan untuk ikut pemilu seharusnya mencantumkan pula syarat berapa lama partai tersebut sudah berdiri, bukan hanya satu tahun sebelum pemilu dan memiliki “cabang tempel” kemudian bisa ikut.

    Harus ada persyaratan yang membuat tidak hanya sekedar aktif semasa pemilu saja. Saya setuju dengan anda.

  22. sip mas thamrin, saya sependapat. soal partai menurut saya lebih baik partai-partai yang ideologinya sama mendingan pada merger aja membentuk satu partai, toh kepentingannya bisa jadi pada sama. contoh PDI-P, Demokrat dan beberapa partai lain yang mengangkat isu demokrasi sebagai ideologi mereka, kan mereka bisa bergabung,saling mendukung dan bekerja sama tuh, tapi kan kenyataan dari segi karakteristik kepemimpinan tampak mereka sepertinya saling bertolak belakang tuh, yang satu merasa diri paling berjasa karena telah mengangkat nama yang lain. padahal kalau mereka mau kembali pada isu demokrasi yang mereka jadikan ideologi partai semestinya mereka harus bisa bekerjasama donk. itulah salah satu alasan saya menjadi bingung. katanya sama-sama demokrasi, tapi kok gak akur?? keliatan banget deh “ambition of power and interest” nya hehe… koalisi juga menurut saya bukan jawaban final, karena itu terkesan seperti profit share doank, kalaupun koalisi yang diandalkan sebagai jawaban, bagaimana kalau yang ditampilkan dalam lembaran pemilu jangan partai mereka, tapi koalisi mereka. jadi ketika kampanye politik, beberapa partai seideologi yang berkoalisi tadi saling bekerjasama dalam upaya memenangkan pemilu. toh nantinya kemenangan yang diraih juga jadi kemenangan bersama diantara mereka. bagaimana menurut rekan2?

  23. dewansurogunungbatu

    Yth Husni Thamrin

    Saya sudah mencoba untuk meng”klik” tentang 10 prinsip good governance, namun nggak keluar.
    Mohon bantuannya untuk mengirimkan 10 prinsip dimaksud ke email saya : sprytno@yahoo.com, karena materi ini sangat saya perlukan sebagai salah satu referensi saya dalam melakukan proses belajar mengajar.
    Terima kasih atas bantuannya.

  24. 10 prinsip good governance? Mungkin 10 prinsip itu masih relevan, dalam kontek teori. Tapi prakteknya?

    Teorinya, misalnya, seorang atau beberapa orang datang ke gedung DPRD, untuk tujuan menyampaikan usulan tertentu. Pengalaman seorang teman, kebetulan berkait dengan isu kekerasan terhadap perempuan, dengan harapan wakil rakyat akan dukung gerakan anti kekerasan terhadap permpuan. Tapi apa yang terjadi? Ternyata si anggota dewan itu berpola pikir Islami sekali yang anti kesetaraan gender. Dan mereka malah measehati si teman itu agar tidak ikut-ikutan gerakan yang oleh si wakil itu diangagp liberal.

    Pendek kata, secara teori memang sukses apa yang namanya partisipasi (setidaknya dalam kontek ini), tapi substansinya?

    Kembalike atas, mungkin perlu penerjemahan lagi makna partisipasi itu…..

    Ehm…

  25. cukup masih relevan! tapi kok saya ga bisa buka
    ya? Tolong bantuannya agar dikirim ke alamat email saya nayirxpro@yahoo.co.id . Saya membutuhkannya untuk penyelesaian tugas kuliah saya. Atas pertolongannya saya ucapkan terima kasih.

  26. Infonya sangat membantu, tapi kog ga bisa dibuka ya 10 prinsip GGnya??? Bagaimana caranya ??
    Thx.

  27. Pak Thamrin, saya sedang menulis sebuah essay tentang good governance, menurut saya tulisan ini sangat bermanfaat dan memang saya butuhkan untuk referensi, saya mohon ijin untuk sedikit menyadurnya ya.. terima kasih

  28. saya sdng mncr GG tp sy bingung mw diapain.mw disimpan gk pny flas disk.mw pnjm anknya pd peliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttttttt smw.

  29. kalo pemerintahan mao baik gunakanlah prinsip-prinsip dalam islam.

  30. saya sangat menyenangi situs ini,saya harap kedepan situs ini tidak hanya menjelaskan tentang prinsi good gevernance,tapi haruslah disertai penjelasannya dan di tambah dengan yang lain agar lebih banyak pengetahuan dan bagi yang membaca tidak hanya sekedar membaca tetapi mendapat pengetahuan yang lebih…
    terimakasih

  31. prinsip good governance pd hakekatnya dalam sebuah teori membuat sebuah pandangan yang baik ke depan akan tetapi implementasinya yang terjadi pd jaman ini sangat menyimpang dari sudut pandang good governance spt yang ada di daerah sekarang ini dimana penetapan dalam sebuah bidang yang tidak berkaitan dengan keahliannya sehingga adanya kontradiktif kinerja pemerintah, harapan kami sbg masyarakat smoga ada penerapan prinsip governance!!!!!!!.

  32. kalau good govermance uda pasti orang tau itu apa yang dimaksud tapi kalau 3 pilar yang bersinergis dalam membangun good govermance itu yang tampaknya cukup rumit untuk di pahami ?
    – sivil society??

  33. saya tidak dapat mengklik ke 10 link diatas.. bisakah saudara mengirimkan ke email saya..
    ardo_scale@yahoo.com terimakasih..

  34. woooookkeeeyyyy……….

  35. kok g’ bisa diakses mas….

  36. sya tidak bsa membuka ke 10 prinsip GG d atas apakah d krim k email saya,,,

    ichadlana@gmail.com

  37. saya klik di 10 prinsip GG ngak keluar, karena sangat bermanfaat dan memang saya butuhkan sebagai referensi. 3 pilar yang bersinergis dalam membangun good govermance. tolong kirim ke email saya.

  38. kirim 10 prinsip GG ya,,
    soalnya gk bisa di buka…….

  39. kirim 10 prinsip GG ya,,
    soalnya gk bisa di buka…….

    ne email sy

    iman_dhar@yahoo.com

  40. nuwun nuwun

    kunjungi zioem.wordpress.com

  41. Pada dasarnya perlu penyederhanaan partai, cukup 3 atau paling banyak 5 itu saja sdh berat. dinegara besar seperti USA saja hanya 2. untuk itu perlu merevisi UU Tentang Partai Politik dan UU Pemilu jika jumlah partai terlalu banyak mustahil untuk mewujudkan Sila ke 5 dari Panca Sila > KEADILAN dan KESEJAHTERAAN BAGI SEL RAKYAT INDONESIA mustahil bisa terwujud, karena masing- masing partai2 yang ikut pemilu selain terlalu banyak, mereka memiliki kepentingan sendiri2 demi partainya walaupun slogannya semuan untuk kesejahteraan rakyat.tapi dalam implementasinya tuk mencapai tersebut saling sikut-sikutan masing2 meng claim paling berjasa. jiwa gotong royong luntur. contoh : menjadi Kepala Daerah hrs dengan Kendaraan politik kalau menang dia berhutang budi dg partai tersebut . mau tidak mau harus menyisihkan anggaran untuk pengembalian coust dan menyumbang kepada partai yang telah mengusungnya, begitu pula jadi menteri, pasti ada dana /anggaran tuk dialokasikan ke Partai yang telah mengusulkan jadi menteri. kapan berpikir tuk rakyatnya??.

  42. saya setuju BBM naik, terutama untuk mereka yang memiliki kendaraan2 bagus dan lebih dari satu nggak usah deh pake bensin bersubsidi. malu. plus kegiatan2 usaha yang bikin padet dan bikin jakarta penuh debu (khususnya), nggak usah dikasi kompensasi murah dengan BBM. terus bbm dimurahin buat angkutan umum, karena mereka banyak memiliki sisi positif dibandingkan dengan mobil pribadi. tapi mobil umumnya kayak busway dong, bersih dan relatif aman dan juga harus bebas macet!!…biar orang jadi banyak yang pake angkutan umum, polusi berkurang, aktivitas jadi nggak terlalu cape karena juga bebas hambatan..

    important: angkutan umumnya juga dibatasi ya, sesuai dengan kebutuhan. kalo banyak mah sama aja, sama2 capek di macet dan juga berpolusi

    jakarta…oh jakarta…

  43. trima kasih banyak,,,anda sudah cukup membantu dalam penyelesaian tugas saya

  44. rully oktarisna andriani

    mohon dikirimkan ke email saya pak 10 prinsip GG…
    untuk bahan saya membuat tesis…
    terimakasih..

  45. Trus pertanyaan sy gimana perbandingan good governanve dan sound governance…
    ????
    dimana titi perbedaannya…

  46. Ping-balik: 10 Prinsip Good Governance « Mumud Salimudin

  47. pemerintah tuh seharusnya memikirkan nasib rakyat jelata,jangan hanya memikirkan perut sendiri aja.bahkan pemerintah ada yang berlaku acuh tak acuh jika ada rakyat jelata yang kelaparan atau ekonominya sangat sulit.bagaimana pula nasib para generasi penerus bangsa jika ada diantara mereka yang berasal dari orang tidak mampu,apakah mereka tidak berhak menikmati masa depan yang cerah??????????saya sangat kecewa dengan sistem pemerintahan sekarang ini.

  48. Clean Goverment ……… Good Gevernance ……..!!!

  49. bang ko’ aku ga’ bisa meng klik tulisan nya yg berwarnah biru tuh
    10 prinsip goo governance
    klo bisa dikirim ke email aku aja
    echa_anfild@yahoo.com

  50. tlong di jelaskan lebih rinci atau detail lagi tentang GOOD GOVERNANCE yaa ???
    soalx aku sangat memerlukan tentang data atau referensi materi ini:)
    terima kasih sebelumnyaa :)

Tinggalkan Balasan

