I Begin Expressing Myself in the Philippines

Makati City, Is it a “right” place for begin express my self?

Sebuah pertanyaan besar. But anyway, selama tiga hari penuh, sejak 4 hingga 6 Juli 2006, di Makati City, Philippine, saya mengikuti workshop tentang blogging dan poscasting yang diselenggarakan oleh Friedrich Naumann Stiftung, Philippine.

Workshop yang diikuti oleh sekitar 20 orang peserta ini, menurut Dr. Ronald Meinardus, Resident Representative FNS Philippine, bertujuan memberikan gambaran mengenai penggunaan blog dan podcast sebagai media komunikasi politik dan penyebaran gagasan. Diharapkan melalui workshop ini peserta memiliki pemahaman dasar mengenai apa yang dimaksud dengan blog dan podcast, kegunaannyan, dan mulai membangun blog masing-masing.

Hari pertama workshop dimulai sesi yang menampilkan Manolo Quezon III, yang memaparkan lebih jauh tentang penggunaan blog dan podcast sebagai media politik di Philippine. Ia juga memaparkan secara detail beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengisi sebuah blog. Blog memiliki kekuatan sebagai jurnal, dimana setiap individu secara  langsung mampu mengekspresikan pendapat, gagasan, kritik, atau komentar yang ia miliki tanpa harus menunggu dan acapkali mungkin mendapat sensor sebagaimana layaknya dalam media konvensional.

Abe Olandres pada sesi berikutnya melanjutkan dengan langkah-langkah membuat sebuah blog serta proses editing dan mengisi blog yang telah dimiliki. Abe memaparkan pula beberapa provider yang menyediakan layanan blog secara gratis, seperti WordPress atau Blogger.

Masih panjang jalan yang harus ditempuh dan masih beberapa hari workshop yang harus dijalani untuk memahami lebih jauh dan memaksimalkan penggunaan blog secara lebih efektif. Tapi untuk hari pertama, paling tidak pemahaman saya tentang blog makin tercerahkan dan yang lebih penting…… memproduksi satu blog lagi!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s