Kompetisi dan Liberalisme; Kunci Melawan Korupsi

Diskusi ini sebenarnya telah lama berlangsung, di pagi hari, 8 Mei 2006 lalu, di kantor Partnership, Gedung Surya Lt. 15, Jl. M.H. Thamrin, dengan menampilkan Direktur Global Program World Bank Institute, Daniel Kaufmann, yang berbicara tentang “The Governance Dividend: International Lessons from Measuring and Monitoring Corruption.” Namun apa yang didiskusikan dalam pertemuan tersebutnya agaknya masihlah relevan hingga kini.

Hal menarik yang dikemukankan oleh Kaufmann adalah, korupsi bukanlah dosa sejarah peninggalan masa lalu dan budaya bangsa yang tak dapat diubah. Banyak contoh yang menunjukkan korupsi dapat dikurangi dibeberapa negara yang semula mengganggap korupsi sebagai bagian dari budaya masyarakat. Kuncinya terletak pada penegakkan hukum, transparansi, serta adanya kebebesan press serta kebebasan memperoleh informasi. 

Kaufmann juga menambahkan, dari pegalaman berbagai negara yang berhasil memberantas atau mengurangi tingkat korupsi adalah dengan menerapkan liberalisasi ekonomi, kompetisi di bidang ekonomi dan kompetisi di bidang politik. Faktor lain yang memberikan kontribusi terhadap pengurangan tingkat korupsi tersebut adalah adanya kebebasan press dan mendapatkan informasi.

Pengalaman ini sejalan dengan prinsip-prinsip kompetisi, transparansi, liberalisasi, dan pengurangan peran negara yang selama ini dikemukakan oleh kaum liberal. Hanya saja, dalam diskusi pagi hari di Partnership ini, seorang peserta yang berasal dari Bappenas mengatakan bahwa langkah-langkah liberalisasi dan kompetisi tersebut tidak cocok dengan Indonesia dan perlu untuk mencari solusi lain yang sesuai dengan kondisi Indonesia. Ia mencontohkan bahwa Singapore dan Malaysia toh mampu melakukan pengurangan dan perlawanan terhadap korupsi tanpa menempuh langkah liberal. 

Benarkah ini, bagaimana menurut anda?

Bahan lengkap presentasi Kaufmann dapat diperoleh pada website www.worldbank.org/wbi/governance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s