Tak Ada Alasan Matinya Listrik di Jakarta Hari Ini

Pertamina memastikan stok BBM aman. Jadi tidak alasan bagi PLN untuk memadamkan listrik yang membuat resah masyarakat. “BBM sudah datang dari Muara Tawar tadi malam. Jadi nggak ada alasan untuk mati lampu, nggak ada. Stok BBM aman,” kata Dirut Pertamina Ari Sumarno usai rapat di Gedung Sesneg, Jalan Veteran, Jakarta, Senin (24/7/2006). (Lihat http://cybernews.cbn.net.id/)

Jadi siapa yang benar?

Menurut PLN pemadaman ini terjadi karena terlambatnya pasokan BBM. Suatu hal yang jelas padamnya listrik di sebagian besar wilayah Jakarta ini telah mematikan beberapa aktivitas perkantoran dan perbankan. Banyak nasabah bank susah untuk mengakses rekening mereka dengan cara online melalui ATM.

Yang lebih lucu adalah untuk menghindarkan pemadaman yang lebih besar, PLN meminta agar para pelanggannya di DKI Jakarta, Tangerang, Banten, dan Jawa Barat mengurangi pemakaian listriknya. Padahal para pelanggan PLN telah atau nantinya pada akhir bulan toh tetap membayar jumlah abodemen yang sama, tidak akan dikurangi karena adanya pemadaman listrik atau mengurangi daya pakai. Seharusnya pelanggan tak perlu diatur tentang berapa energi yang mau dan akan mereka pakai. Jika ada penghematan biarlah muncul dari kesadaran (ekonomis) yang mereka miliki.

PLN seharusnya berkaca, jika ingin mendapat pelanggan yang lebih banyak (lebih-lebih dengan cara monopoli seperti sekarang), yang harus diperbaiki adalah kinerja mereka dalam memberikan pelayanan. Adalah lucu jika perusahaan besar seperti PLN tidak mampu menghitung berapa kebutuhan listrik pelanggan mereka, berapa pasokan daya yang mereka miliki, dan darimana sumber daya penggerak energi listrik yang harus mereka pasok. Jika tidak, yah jangan nambah pelanggan, sampai mampu menyediakan listriknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s