Apa Arti Kompetisi Bagi Kita? (pertama)

Banyak orang yang salah memahami kompetisi, seperti juga banyak orang yang salah memahami globalisasi.  Bagi para penentangnya globalisasi dianggap sebagai upaya pemiskinan dan pembatasan akses masyarakat dan negara miskin terhadap pertumbuhan ekonomi. Kompetisi yang tercipta didalam globalisasi dianggap tidak seimbang dan lebih menguntungkan negara maju. Globalisasi acapkali dianggap tak lebih daripada senjata ekonomi Liberal yang lebih mementingkan persaingan bebas, dimana yang kuat akan menguasai yang lemah.

Akan tetapi fakta perkembangan ekonomi ternyata menunjukkan fakta lain. Globalisasi ternyata justru memberikan akses yang besar kepada masyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi. Fenomena ini juga semakin didukung oleh kemajuan tehnologi informasi yang membuat masyarakat semakin mudah memperoleh akses yang yang mereka inginkan.

Tuduhan terhadap praktek ekonomi Liberal yang lebih mementingkan ”si kuat” daripada ”si lemah” juga semakin tak terbukti. Ekonomi Liberal seperti juga Politik Liberal menempatkan checks dan balance, pembatasan kekuasaan dan penyalahgunaan kekuasaan sebagai titik pijakan yang utama. Dalam lapangan ekonomi kekuatan utama dalam melakukan pengecekan adalah kompetisi. Perdagangan bebas memiliki tujuan penegakan kompetisi. Adanya perdagangan bebas membuat cek dan balance terhadap perusahaan-perusahaan besar dapat dilakukan dan mencegah mereka melakukan proteksionism. Tak adanya pesaing yang berarti, akibat menikmati proteksi, membuat perusahaan-perusahaan besar pada akhirnya cenderung melakukan monopoli. Efek negatif yang muncul dari praktek proteksi dan monopoli berujung pada hilangnya kemauan produsen untuk meningkatkan mutu produksi mereka karena tiadanya persaingan. Produk pun akan menjadi lebih mahal.

3 responses to “Apa Arti Kompetisi Bagi Kita? (pertama)

  1. Ah kata siapa ekonomi Liberal yang lebih mementingkan ”si kuat” daripada ”si lemah” juga semakin tak terbukti. Kalau saya ada buktinya, apa argumentasi bapak bisa diubah. Tapi sayang saya belum sempat buka referensi ttg bukti ini. Tapi yang jelas saya punya referensi tersebut

  2. ucHiHa FaizaL@rock.com

    aPa aRTi gLoBaLisaSi?
    k0k mLh k0peTisi?
    rA nYamBong!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s