Apa Arti Kompetisi Bagi Kita? (kedua)

Adalah sebuah tugas yang utama untuk memberikan pemahaman kepada konsumen bahwa manfaat dari sebuah kompetisi adalah produk yang baik, pelayanan yang lebih baik dan tentunya harga yang lebih murah. Kebijakan kompetisi yang kuat dan baik akan mampu melindungi kepentingan konsumen didalam ekonomi pasar.

Untuk menjamin adanya kompetisi yang sehat inilah di banyak negara dibuat suatu undang-undang kompetisi, yang mengatur berbagai mekanisme persaingan usaha dan menjamin adanya kompetisi yang bebas, sehat, dan adil. Seperti yang telah diutarakan diatas, tujuan akhir dari sebuah undang-undang kompetisi adalah memberikan kesejahteraan kepada konsumen. Sudah barang tentu perlindungan kepada ”kompetisi,” yang akan menguntungkan konsumen, memiliki perbedaan pemahaman dengan perlindungan kepada ”pelaku bisnis” yang melakukan kompetisi. Perlindungan terhadap kompetisi itu sendiri kadangkala mengakibatkan kepahitan terhadap salah satu pelaku bisnis yang melakukan kompetisi, namun pada tujuan akhir harga yang diberikan merupakan sesuatu yang layak untuk dibayar oleh konsumen.

Dalam sebuah pertandingan olah raga ada empat elemen kunci yang harus bekerjasama dengan baik. Pertama adalah pemain yang saling berkompetisi, kedua adalah tempat bermain, ketiga adalah aturan permainan, dan yang keempat adalah wasit pertandingan. Jika salah satu dari keempat elemen ini buruk atau bahkan tiada maka dapat dibayangkan permainan akan buruk atau bahkan kacau. Ilustrasi yang sama dapat kita analogikan pula pada dunia ekonomi. Perusahaan-perusahaan adalah pemain yang berkompetisi, pasar adalah tempat melakukan pertandingan, ada aturan atau perudang-undangan sebagai rule of the game, dan ada sebuah lembaga pengawas kompetisi yang berlaku sebagai wasit. Pemain yang baik, aturan kompetisi yang baik, dan lapangan permainan yang baik, tak akan berguna jika wasit yang mengawasi pertandingan buruk. Begitu pun dalam sebuah mekanisme kompetisi dunia perekonomian. Dibutuhkan sebuah lembaga pengawas guna menjaga agar kompetisi para pelaku ekonomi berjalan dengan baik dan dapat berguna bukan hanya bagi para pemain itu sendiri tetapi juga para ”penonton” (konsumen) yang sudah membeli tiket pertunjukkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s