Hari Ini Tanggal 27 Juli…..

Hari ini, tanggal 27 Juli, sepuluh tahun yang lalu, kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, menjadi saksi puluhan korban yang bergelimpangan. Ratusan cerita sudah tertuturkan, pencarian fakta tak henti dilakukan, namun toh kasus ini tetap belum terselesaikan.

pdi.jpgSaya masih ingat, saat itu adalah wartawan majalah mingguan D&R, bagaimana kejar-mengejar antara aparat keamanan dengan masyarakat yang ingin menyaksikan pembakaran dan penyerbuan kantor PDI. Peristiwa tersebut juga memicu kerusuhan, perusakan, dan pembakaran bagunan di Jakarta. Beberapa kawan yang masih menyimpan gajinya di laci kantor, karena baru saja hari gajian pada tanggal 25 Juli, terpaksa harus gigit jari, karena musnah, ikut menjadi abu bersama gedung dimana majalah D&R berkantor. Topi pet dan sebuah kaos T-shirt Led Zeppelin milik saya, yang baru saja dioleh-olehkan kawan dari perjalanan ke luar negeri, juga ikut terbakar.

Partai Demokrasi Indonesia pun telah berganti nama, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Arti harfiah yang dapat diterjemahkan dari nama ini kurang lebih mungkin, akan lebih berada di garis perjuangan, dibanding yang lama tentunya.

Banyak yang kini menjadi tokoh PDI-P pernah menjadi saksi mata Peristiwa 27 Juli 1999, Budiman Sudjatmiko misalnya. Lantas, masihkan diam itu perlu dipertahankan..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s