Lost City

lostcity.jpgAnda sudah menyaksikan film yang dibuat Andy Garcia, tokoh yang muncul dalam film Goodfather III? Judulnya Lost City.
Cerita yang berlatarbelakang Havana, Cuba pada tahun 1958 ini menceritakan kehidupan kota Havana, dengan cabaret dan musik jazz-nya, namun dibawah pemerintahan dikatator Fulgencio Batista. Rakyat menginginkan kehidupan yang lebih demokratis.  Tokoh Fico Fellove (yang dimainkan oleh Garcia), pemilik sebuah nightclub, El Tropico, harus berjuang mempertahankan keutuhan keluarga, dimana dua orang saudaranya justru terjun terlibat dalam gerakan bawah tanah dan gerilya, yang dipimpin oleh Fidel Castro dan Ernesto “Che” Guevara.

Cerita lengkap tentunya dapat anda tonton sendiri. Namun satu hal yang saya catat, selain kecantikan Ines Satre, adalah kekecewaan Fico Fellove terhadap “demokrasi” yang muncul setelah revolusi yang dipimpin Fidel Castro. Segala sesuatu harus ditentukan dan ditetapkan oleh Dewan Revolusi, bahkan untuk memainkan sebuah alat musik, saxophone. Alat ini dilarang hanya karena penemu alat musik ini berasal dari Belgia, yang dikategorikan sebagai salah satu negara imprealis.
Yang menarik adalah penggambaran Andy Garcia terhadap tokoh “che” Guavara, yang seolah adalah tokoh flamboyant, senang pesta dan perempuan. Mungkin dapat dipahami sebagai kekecewaan Garcia terhadap Cuba yang ditinggalkannya.

Film ini jelas menggambarkan sebuah arti demokrasi yang harus diiringi dengan kebebasan (freedom). Bukan hanya “freedom” dari penindasan rezim otoriter, namun juga kebebasan mengisi demokrasi dengan kebebasan berekspresi, kebebasan bersuara, kebebasan untuk bergerak, dan kebebesan memainkan piano serta meniup saxophone.

One response to “Lost City

  1. -filem yang menarik.
    -ajaib, teruskan usaha.
    -mantapkan.
    -buat banyak-banyak lagi.
    -upahlah pelakon malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s