Permintaan Maaf Konferensi Waligereja Indonesia


Edaran ini saya terima melalui sebuah email, entah benar atau tidak. Namun bolehlah, jika benar, karena respon yang cepat, jika tanggalnya tepat.


————————- 


Jakarta 20 September 2006

  

PERMINTAAN MAAF KONFERENSI WALIGEREJA
INDONESIA

 

Kepada Saudara-saudari umat Islam yang terhormat, di mana pun juga Anda  berada,

Dengan ini, kami sebagai pribadi maupun sebagai pimpinan umat katolik  Indonesia menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf karena ucapan Paus Benedictus XVI di Universitas Regensburg Jerman pada hari Selasa tanggal 12 September 2006 ternyata telah mengakibatkan umat Islam merasa terhina, terluka dan terlecehkan dan merasa pula bahwa ajaran agama Anda dikaburkan.

 

Dengan ini pula, kami ikut prihatin bersama dengan umat Islam bilamana merasa bahwa Nabi junjungan Anda dihina dan Allah dilecehkan.

 

Melalui pernyataan ini pula, kami mendukung Paus Benedictus XVI dalam penyesalan dan permintaan maafnya seperti juga telah terungkap dalam media.

 

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin di Indonesia, baik dari kalangan pemerintah maupun kaum beragama, yang dengan berbagai cara telah menjaga agar bangsa Indonesia tetap tenang. Demikian juga kepada pemimpin Negara-negara Islam yang telah menerima permintaan maaf Paus Benedictus XVI.

 

Semoga peristiwa di Regensburg ini tidak merusak kerukunan atarumat beragama yang selama ini kita usahakan, sebaliknya ampun mengampuni itu dapat menjadi landasan untuk berkomunikasi secara lebih baik dalam membina hidup bersama.

 

Dalam kesempatan ini pula, kepada umat Islam, kami ingin menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa yang segera akan dimulai. Semoga amal dan ibadah Anda semua diterima oleh Allah yang Maharahim dan Maha Kuasa.

 

Terima kasih atas perhatiannya.

 

Jakarta, 18 September 2006

 

P R E S I D I U M

KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIA

 

Kardinal Julius Darmaatmadja, S.J.

K e t u a Uskup Agung

  

Ignatius Suharyo

Sekretaris Jenderal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s