Nasehat Perjalanan ke Thailand

photo01-054.jpgMenyusul terjadinya kudeta militer di Thailand, Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok mengeluarkan nasehat perjalanan (travel advisory), bagi warganegara Indonesia yang berencana ke Thailand, untuk membatalkannya. Untuk warganegara Indonesia yang sudah ada di Thailand juga dihimbau untuk tidak melakukan perjalanan keliling negeri gajah putih ini.

Biasanya negara lain yang mengeluarkan travel warning atau travel advisory ke Indonesia. Tapi kali ini gantian dong, Indonesia yang mengeluarkannya. Pukulan dasyat untuk pariwisata Thailand nih, karena biasanya orang-orang Indonesia lebih banyak memilih berlibur ke Pattaya, Bangkok, Chiang Mai, atau Phuket, daripada di dalam negeri.

Imbas positif untuk pariwisata dalam negeri?

Wah, Menteri Pariwisata Jero Wacik harus segera mengantisipasi limpahan ini dong, promosi ke Bali, Menado, Sumatera, atau Maluku kek. Kalau terlambat, peluang ini diambil  Malaysia dan Singapore dong. Apalagi travel advisory kan nggak hanya dikeluarkan Indonesia, negara lain pastinya iya, dan pasti ada limpahannya juga. Apalagi pemulihan kondisi politik di Thailand pastinya tidak sebentar, dan menjelang November hingga Januari nanti kan masuk musim dingin di Eropa dan Amerika serikat. Siapa tahu calon wisatawan yang tadinya berencana ke Thailand sedang bingung-bingungnya mencari pengganti.

Atau perlu ada kudeta-kudeta lain, biar ada limpahan turis atau investasi? Kalau terima limpahan kan kita tak perlu repot-repot, tinggal tunggu.

Tapi ngomong-ngomong, sang jendral Sonthi Boonnyaratglin ini “ambekan” juga yach. Setelah dipecat Thaksin dia langsung kudeta. Tapi kok beraninya saat Thaksin sedang di New York yach?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s