Hari Kedua Ramadhan

Hari ini masuk hari kedua Ramadhan. Tak seperti biasanya, jalan tol maupun arteri yang biasa saya lalui cukup lenggang. Mungkin banyak yang sudah berangkat menuju kantor, terutama yang memiliki rumah jauh, seperti Bogor, Bintaro, maupun Bekasi. Atau karena libur sekolah, menyongsong Ramadhan, atau dapat pula karena kesiangan. Yang jelas sangat lancar.

Ramadhan ini pertama kali sejak kami pindah ke Bukit Sentul. Agak berbeda. Hampir tak terdengar azhan yang membangunkan sahur, walaupun sebenarnya ada mesjid yang cukup besar tak jauh dari rumah. Mungkin sayup terbawa angin atau loudspeaker mesjid yang tak terlalu besar. Syukurlah, karena rata-rata keluhan yang muncul di Jakarta adalah suara membangunkan sahur dari mesjid, yang rata-rata sudah “berbunyi” bahkan sejak jam 02.00 dini hari.

Namun ada suasana yang sedikit mengingatkan pada kampung. Sayup-sayup bisa terdengar suara anak-anak yang berkeliling, di beberapa kampung/desa sekitar perumahan Bukit Sentul, membunyikan bambu dan menyanyikan himbauan bangun sahur. Menakjubkan……..kadang terdengar sayup, kadang hilang, senyap, terbawa angin..

Suasana Ramadhan kini memang lain, terutama di Jakarta. Paling tidak saya rasakan hingga tahun lalu semasa tinggal di Jakarta. Tak ada lagi lapangan terbuka, tempat anak-anak bermain seusai shalat Tarawih. Tak ada lagi “meriam” bambu, yang diisi karbit atau minyak tanah.

Di luar Jakarta mungkin masih ada suasana tersebut, namun apakah harus pindah keluar Jakarta dahulu?

2 responses to “Hari Kedua Ramadhan

  1. selamat menjalankan ibadah puasa!

  2. Sama-sama Mas Anang, Shiyamana washiyamakum. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s