Berkah-Berkah di Bulan Ramadhan

Ada baiknya ini dianggap sebagai berkah di bulan Ramadhan.  Pengadilan Negeri Denpasar siang ini membebaskan 15 terdakwa kasus korupsi anggaran DPRD Bali 1999-2004. Perbuatan mereka dianggap bukan tindak pidana korupsi.  “Tindakan mereka hanya tidak sesuai dengan administrasi negara,” kata ketua majelis hakim Wayan Rena Wardhana. Masalah administrasi, menurutnya, bukan kewenangan pengadilan melainkan urusan Badan Pengawas Daerah dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Ke-15 terdakwa itu adalah Sumardika, Nyoman Parta, Ketut Nurija, Made Wirya, Made Suryana, Dewa Nyoman Juwita, Wayan Widiadnyana, Wayan Danta, Ketut Sandiasa, Wayan Murdana, Ketut Suherli, Putu Bagiasna, Abdul Wahab dan Wayan Sutika.

Jadi beruntunglah mereka-mereka ini……karena hanya tidak sesuai dengan administrasi negara. Apa yah yang membedakannya dengan penyelewengan administrasi negara atau tindak korupsi misalnya?

Petasan resmi dilarang dan polisipun sibuk melakukan razia. Tak ketinggalan pula NU Jawa Timur mengeluarkan fatwa haram terhadap petasan.

Apa boleh yah fatwa haram berlaku lokal, Jawa Timur saja? Kalau NU-NU yang lain tidak mengeluarkan fatwa haram, berarti bisa dong pasang petasan di Jawa Tengah, kan tidak haram, walaupun tetap melanggar ketentuan polisi.

Mabes Polri memperingatkan kepada masyarakat untuk tidak coba-coba membuat dan mengedarkan petasan.

“Tak ada istilah polisi tidak tegas dengan petasan. Sudah ada beberapa pabrik pembuat petasan diamankan polisi. Kasihan nanti kalau ada orang yang sudah pinjam uang sana sini untuk menjual petasan tapi ternyata petasannya disita polisi. Polisi akan konsisten untuk melarang petasan,” kata Wakapolri Komjen (Pol) Adang Daradjatun di Jakarta, Senin, 11 September, 2006, lalu.

4 responses to “Berkah-Berkah di Bulan Ramadhan

  1. Well, that’s our country…
    Hukum cm berlaku untuk kaum proletar…
    kaum borjois? they are untouchable

    Weks ada fatwa lokal…
    ntar ada fatwa suku…
    fatwa keluarga…
    yg haram disana, disini halal….

    Jd buat org2 Jatim yg mo pasang petasan tinggal keluar provinsi jatim aja, tenang, gak dosa koq, HALAL…. asal dah keluar dr prov Jatim otre….

  2. kalau jalan tol keluarnya belum ketutup lumpur semua…..he…he…., trepaksa naik kapal laut atau pesawat kan?

  3. NU kalo bikin fatwa itu ngerujuk kemana aja sih (apa cukup ijtihad mereka saja?? :P)
    Bicara halal haram dalam islam berarti harus universal dan dapat mengakomodir kepentingan islam di mana saja, jangan jadi katak dalam tempurung, seenaknya aja bikin fatwa.

  4. Tumben ada fatwa berguna…

    Sepertinya ulama Jatim lebih cerdas dari lain tuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s