Bahaya di Pintu Rumah: Tindakan Kita?

Lagi-lagi berita soal flu burung. Baru-baru ini Dr. Mike Perdue, yang terlibat dalam program pemberantasan flu burung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa resiko mutasi dari virus flu unggas meningkat, sementara penyakit tersebut menunjukkan tanda-tanda kebal terhadap hampir semua obat anti-virus paling efektif yang tersedia. Perdue juga memperingatkan bahwa ada kemungkinan yang lebih besar bagi virus tersebut untuk bermutasi pada musim dingin.

Dia juga menambahkan, “Rangkaian virus tersebut, H5N1, tidak tidur dan akan terus menyimpan bahaya.”

Peluang bagi terjadinya adaptasi genetik memungkinkan virus tersebut menyebar dari manusia ke manusia, sehingga membuka peluang pandemik flu unggas di dunia, yang akan jauh lebih kuat ketika banyak orang terserang flu normal.

Catatan WHO menyebutkan bahwa sedikitnya ada 251 kasus flu unggas pada manusia sejak 2003 yang mengakibatkan 148 orang meninggal. Jumlah tersebut terus berkembang dari tahun ke tahun. Sejauh ini virus tersebut telah menyebar di 10 negara.

Negara yang paling parah menjadi korban flu unggas adalah Indonesia (52 meninggal), diikuti oleh Vietnam (42 meninggal), Thailand (17), China (14), Kamboja (6), Mesir (6), Azerbaijan (5), Turki (4), Irak (2), dan Djibouti (0).

Berita yang sama juga dimuat di Bisnis Indonesia Online, sehingga dapatlah dikatakan sebagai sebuah hal yang serius. Lantas reaksi dan respon yang harus kita lakukan?

2 responses to “Bahaya di Pintu Rumah: Tindakan Kita?

  1. Kita memang tidak pernah mencoba mengerti ‘pengalaman orang lain adalah guru yang baik’ Kalau belum menimpa diri sendiri mana mau perduli ya Pak…

  2. belum ada keluarga pejabat yang kena flu burung! jadi belum dianggap serius.

    just my opinion!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s