Siapa Presiden Republik Indonesia Sekarang?

Masih ingat dengan penampilan group Ratu di malam puncak Ulang Tahun Partai Demokrat, 8 September 2006, di Pekan Raya Jakarta?

Mereka terpaksa hanya dapat menyanyikan dua buah lagu dari enam yang direncanakan. Pasal diskon penampilan ini diakibatkan salah ucap yang tercetus dari mulut Mulan Kwok, salah satu personil Ratu, yang menyapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)dengan Bapak Bambang Susilo Yudhoyono (BSY). Tak hanya itu Mulan juga salah dalam menyebut mantan presiden Abdurrahman Wahid dengan panggilan “saudara.” Sontak saja kabel yang menghubungkan “power” dengan microphone yang dipegang Mulan dan Maia Ahmad dicabut, dan merekapun diberi kode untuk turun.

Max Sopacua, Wakil Ketua Fraksi Demokrat DPR-RI, yang ditemui di tempat
berbeda, mengaku terkaget-kaget mendengar apa yang dilontarkan Mulan saat
menyapa Presiden dan juga Gus Dur kala itu. “Terus terang saat itu, saya kaget mendengarnya. Sebagai anak negeri kok tak tahu nama pemimpinnya. Tapi saya pikir dia grogi saat itu,” kata Max Sopacua di Jakarta, pada hari Selasa, 12 September 2006 lalu.

Max sendiri hanya menyayangkan kurangnya sikap profesional Ratu. “sebagai
seorang entertainment yang profesional seharusnya dia bisa menguasai panggung
dan mengetahui lingkungannya,” katanya.

Namun persoalan tidak mengenal siapa presiden Republik Indonesia sekarang ternyata tidak menjadi monopoli Mulan Kwok maupun Maia. Survey yang baru-baru ini dilakukan oleh lembaga survey independen Lowy Institute for International Policy, terhadap 2.200 reponden warganegara Australia dan Indonesia yang berada di Australia, menunjukkan sebanyak 63 persen responden warga Australia tidak mampu menyebutkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan sebanyak 73 persen responden warga Indonesia tidak mampu menyebutkan Perdana Menteri Australia John Howard.

Survey yang dilakukan pada tanggal 22 Juni hingga 6 Juli 2006 ini bertujuan melakukan perbandingan pemahaman diantara warganegara dua negara yang saling bertetangga ini. Survey dilakukan terhadap 1007 orang warganegara Australia dengan metode sample acak melalui wawancara langsung dan telephone. Sementara terhadap responden Indonesia yang berjumlah 1200 orang dilakukan wawancara langsung.

Ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang.” Tapi apakah karena kesalahan tak mengetahui jelas siapa nama presiden (atau grogi), lantas Ratu menjadi tak sayang terhadap SBY atau Indonesia?

Atau jika survey serupa, seperti di Australia, dilakukan mungkin lucu juga, berapa persen yang mengetahui apa kepanjangan dari singkatan SBY?

Atau jangan-jangan banyak yang menjawab presidennya masih Soeharto?

2 responses to “Siapa Presiden Republik Indonesia Sekarang?

  1. Konon, jika orang Madura ditanya: “Siapa Presiden Indonesia?”, dengan tangkas mereka akan menjawab: “Gus Dur”.

    Ketika ditanya lebih lanjut “Lhah SBY itu siapa?”
    Tanpa ragu mereka akan menjawab “Itu pengganti Gus Dur”

    BTW, nice blog with nice content, but design…
    congrat…

  2. Mbok ya jangan kejam-kejam nilai orang. Biarpun M. Kwok itu seorang entertainer, tapi dia kan manusia biasa yang nggak setiap hari ketemu presidennya.
    Wah, kalau saya terus-terang mungkin jadi kena penyakit BM (Bisu Mendadak) atau kena black out.
    Kalau Pak SBY (lebih baik saya tulis singkatannya saja, itu yang paling saya hafal) nggak tersinggung, kok yang lain ngomel-ngomel. Seorang pemimpin yang souvereign itu seorang pemimpin yang nggak mempersoalkan masalah-masalah kecil gituan, iya kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s