Babak Baru Lanjutan Resuffle Kabinet

Setelah “Talak tiga” Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jatuh terhadap beberapa menteri, babak baru kelanjutan nasib mereka agaknya kian seru….

Resuffle alias “kocok ulang” adalah hal yang biasa dalam pemerintahan. Apalagi didalam permainan kartu. Jika “kartu” dianggap “mati” sudah selayaknya dibuang dan meminta kocokan ulang untuk meminta “kartu” yang lebih bagus. Apalgi bagi pemerintahan SBY-Kalla “kocokan” ini adalah yang kedua kalinya. Tak ada yang aneh……

Namun “kocokan” kali ini agaknya menjadi lain. Banyak yang meramal digantikannya Menteri Sekretaris Negara Yusril Izha Mahendra dan Menteri Kehakiman Hamid Awalludin merupakan isyarat untuk kepolisian dan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk segera bertindak, mengusut tuntas beberapa kasus yang tertunda karena tak mampu leluasa mendatangkan dan meminta keterangan kedua orang menteri ini. Harus meminta ijin SBY sebagai presiden. jauh sebelum adanya “kocokan” resuffle, dua mantan menteri ini sudah ramai digunjingkan media massa dalam kaitan kasus korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU), kasus sidik jari di Dephum HAM dan pencairan uang Tommy Soeharto di BPN Paribas.

Teman saya bilang, “sudah banyak yang tunggu,” saat kami membicarakan pergantian menteri beberapa hari yang lalu. Eh….nyatanya di Kompas hari ini, 10 Mei 2007, ada berita tentang bekas rekanan kerja Hamid Awaludin di Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang kini terpidana, Daan Dimara,  telah menyampaikan laporan ke Polda Metro Jaya melalui pengacaranya Erick S. Pa’at. (Lihat Kompas, 10 Mei 2007, “Korupsi KPU: Daan Dimara Laporkan Hamid Awaludin ke Polda,” hlm 27). Di Harian Rakyat Merdeka, 10 Mei 2007, bahkan dimuat wawancara yang dilakukan dengan Daan Dimara dan keinginannya agar Jaksa Agung yang baru, Hendarman Supandji, mampu menuntaskan kasus tersebut.

Sementara Yusril Ihza Mahendra yang menolak menjadi duta besar Malaysia, saat ditanya wartawan soal pergantiannya, menjawab bahwa hal pertama yang akan diselesaikannya adalah menyelesaikan kasus pengadaan alat pendeksi sidik jari di Dephum HAM dan pencarian uang milik Tommy Soeharto.

Resuffle sudah barang tentu banyak menimbulkan kekecewaan bagi yang tersingkir. Kader-kader Partai Bulan Bintang (yang kini Menjadi Partai Bintang Bulan-PBB) sudah berkoar akan menyiapkan Yusril sebagai kandidat presiden pada pemilhan umum 2009. Jangankan bagi partai yang berkurang jatahnya didalam kabinet, seperti Partai Persatuan Pembangunan – PPP, bagi partai yang terpilih kadernya untuk duduk menjabat menteri dalam kabinet pun muncul suara ketidak-puasan. Tak lama setelah pengumuman terpilihnya Sekretaris Jendral Partai Kebangkitan Bangsa, Lukman Edy, sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, segera saja Gus Dur mengatakan bahwa ia bukan kader/calon yang diusulkan oleh PKB. Gus Dur rupanya punya calon lain… 

Tak ada yang pasti, seperti juga tak ada yang dapat memastikan apa yang menjadi alasan SBY menganti Yusril dan Hamid Awaludin. Jika hanya kesehatan yang dijadikan alasan, beberapa waktu lalu Hamid menunjukkan keperkasaanya dalam bermain tenis. Untuk di KPK-kan…….?  Wallahualam……Tak ada yang tahu….

7 responses to “Babak Baru Lanjutan Resuffle Kabinet

  1. sekali lagi politik bermain di dalamnya

  2. pemerintah jgan pernah korupsi l9

  3. Resuffle Emang bikin HEBOH..
    politik emang KEJAM….
    yang cuma bisa rakyat harapkan
    PEnghidupan yang lebih baik. dari sistem pemerintahan yang lebih baik…
    yang duduk diatas, ya jangan lupa klo “mereka ” juga pernah duduk dibawah

  4. biasanya orang-orang yang didzalimi akan sukses akhirnya,… seperti SBY dulu dilengserken dari menteri skarang wah enak tenan…, sabar adalh kunci utamanya
    **Berarti ada diantara yang direshuffel yang akan maju presiden dong…? 🙂

  5. buat saya sih gampang aja
    ………………………………………….
    ………………………………………….
    ………………………………………….
    gitu aja kok repot
    **Kita memang nggak perlu repot, nggka ngerubah apa-apa?!😉

  6. ga tw musti milih sapa lg di PEMILU ntar!!!!!!!! semua pada ga bener setelah duduk. INDEPENDEN?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  7. POLITIK EMANG PENUH TRIK N AKAL LICIK!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s