Indonesia Raya !!

Lagu Indonesia Raya kembali heboh dengan ditemukannya versi yang dianggap lebih aseli. Sontak pemberitaan mengenai penemuan ini menghiasi berbagai surat-kabar, dan tak ketinggalan di beberapa blog tentunya.

Baca saja tulisan Things Left Unsaid berjudul Indonesia Raya, kemudian  tulisan Petualang Amatir yang mempertanyakan Benarkah Ada Lagu Indonesia Raya Asli? Tak ketinggalan di blog Senyum itu Sehat dengan judul  Roysuryo dan Ryosaeba  dan di blog milik Pak Bewok dengan judul Lirik Lagu Indonesia Versi Pertama.

Paling tidak saya menemukan keempat blog tersebut di urutan yang cukup top dalam statistik wordpress.

Persoalannya buat apa lagi dibahas? Jangan-jangan ini hanya taktik saja untuk menaikkan rasa nasionalisme menjelang 17 Agustusan. Toh soal lagu asli yang tidak ada di arsip naional sudah lama kita ketahui. Banyak arsip yang “tertinggal” di negeri Belanda.

Soal lagu mana yang Indonesia Raya aseli apakah menjadi penting? Ditengah hafalnya kaum muda dengan lagu-lagu Niji, Dewa 19, Iwan Fals, Jamrud, Afda Band, Peterpan, Naif, Rolling Stones, Kangen, Radja, Ratu, Metalica, dll.

Jangan-jangan kita nanti akan riuh lagi dengan ditemukannya naskah supersemar yang aseli atau teks proklamasi versi yang lain? Ada yang pernah melihat teks aseli isi perjanjian Linggar Jati, Konferensi Meja Bundar, atau Renville?

Entahlah….lebih enak bicara pilkada DKI Jakarta. Sebentar lagi dan menyangkut dana yang tidak sedikit. APBD-nya saja hingga Rp 21 trilliun, daripada naskah tua atau rekaman usang yang ada di negeri Holland.

8 responses to “Indonesia Raya !!

  1. Akh Broer Thamrin ini… katanya gak mau ngebahas, tapi koq yaa gatal untuk ikutan ngomongin juga… Biar ajalah Broer… Soal2 beginian pan emang enaknya kalo diperbincangin detik2 menjelang peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.. Itung2 bahan obrolan untuk 17an taon ni..🙂 Btw, met berhari jadi Broer.. Moga makin kinclong rezekinye… slaman, slumun, slamet deh yee..

  2. Ping-balik: Kita Hidup oleh Sejarah « Chaos_Region.html

  3. yang penting masih Indonesia kang

    *Yang namanye Indonesi nggak ada matinye… 😀

  4. dering hp saya pake lagu indonesia raya. setiap orang yang dengar langsung beri hormat. haha. pa kabar kang thamrin?

    *Waktu pertama denger nada ring tone ini saya juga kaget. Tengah malem lagi di pelosok desa di Wonosobo. Kabar saya baik Mas🙂 .

  5. lebih enak bicara pilkada DKI Jakarta….

    Ity karen a jagone sampeyan si fauzi, to?

    he he

    *Kok tau sih?😉 Yang penting kan bukan PKS….he…he…he… Tapi dari pilkada Jakarta kita bisa belajar banyak, paling tidak hati-hati dengan kampanye golput!!😀

  6. Ga penting juga lagunya…yang penting mah Indonesia bisa maju dan ga miskin lagi gimana caranya????

    soal lagu Indonesia raya…mau dinyanyikan gaya Kangen band atau gaya Samsul Samsons. atau dinyanyikan kenceng kenceng ga bakalan bikin anak anak di pulau terpencil menjadi pintar….😀

  7. kekekekeks, ternyata masih banyak yang harus dicari naskah aslinya. jangankan isi perjanjian Linggar Jati, Konferensi Meja Bundar, atau Renville, wong berkas asli gugatan terhadap Suharto saja hilang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s