Ayah Adalah Kepala Keluarga…

book.jpgAyah adalah kepala keluarga, yang dapat pula diartikan laki-laki lah yang menjadi kepala keluarga.

“Ajaran sesat” ini saya simak saat dua hari lalu, anak perempuan saya yang duduk di kelas dua sekolah dasar (SD), membacakan kutipan salah satu mata pelajarannya (saya lupa nama mata pelajaran tersebut, tetapi pastinya yang berkaitan dengan soal moral dan budi pekerti).

“Ayah adalah kepala keluarga, setiap hari pergi ke kantor, mencari nafkah bagi keluarga, dan memberikan bimbingan kepada anak-anaknya,” demikian salah satu kutipan yang ia baca. “Ibu adalah yang membantu ayah di rumah, menjaga anak-anak, menyiapkan berbagai keperluan anak-anak,” lanjutnya lagi. Penjelasan ini adalah stereotype lama, yang menempatkan laki-laki sebagai pekerja, pencari nafkah di luar rumah dan wanita adalah seorang ibu rumah tangga, domestic worker, yang menjaga anak-anak.

Saya cukup terkejut, karena paparan arcaic ini masih melekat dalam krikulum sekolah dasar, paling tidak di sekolah anak saya. Apa memang masih relevan? Apakah kini masih relevan menyebutkan hanya ayah yang mencari nafkah dan bekerja di kantor? Putri saya tahu setiap hari ayah dan ibunya berangkat bersama ke Jakarta, karena saya tinggal di Sentul, untuk berkerja. Sama-sama mencari nafkah. Lantas siapa yang menjadi kepala keluarga? Bagaimana guru di sekolah akan menjelaskan jika ia bertanya mengapa ibunya harus bersusah payah berangkat pagi-pagi dan pulang di malam hari, jika ia hanya seorang ibu rumah tangga yang harus ada di rumah “menjaga anak-anak.”

Bagaimana jika ada seorang single mother? Atau single father? Bukankah akan semakin membuat sang anak bingung memikirkannya?

Parahnya lagi, konsep keluarga dalam buku pelajaran tersebut selalu digambarkan ideal, dimana ada seorang ayah, ibu, dan dua orang anak. Fuiih…sangat Orde Baru sekali. Ini menandakan pula tidak ada prubahan kurikulum sejak tahun 70-an, saat Soeharto mencanangkan program nasional Keluarga Berencana (KB).

4 responses to “Ayah Adalah Kepala Keluarga…

  1. Artikel di blog ini bagus. Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!
    http://www.lintasberita.com/Lokal/Ayah_Adalah_Kepala_Keluarga%E2%80%A6/

  2. Di Perancis, jika di perlukan, bapak pun bisa mengambil cuti puanjang sekali (3th) untuk menjaga anak-anak.

  3. maksudnya adalah seperti organisasi harus ada yang memimpin, tanpa pemimpin organisasi tidak akan berjalan meskipun single mother/father harus ada pemimpin.

  4. ada ga referensi tentang ciri-ciri kepala keluarga……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s