Hari Kartini

Ternyata hari ini Hari Kartini. Tepatnya 21 April 2008, dan memang biasanya setiap tanggal ini diperingati sebagai hari kelahiran R.A. Kartini, tokoh asal Jepara yang dianggap melakukan pembaharuan terhadap nasib perempuan.

Saya baru ingat kembali akan peringatan tersebut saat melihat serombongan siswa sekolah dasar, yang ada di dekat kantor, berpawai keliling, semarak dengan tepukan alat musik rebana, dan pakaian adat daerah-daerah yang ada di Indonesia yang mereka kenakan.

Saya benar-benar lupa, walaupun tadi pagi sempat mendengar cuplikan berita yang dibacakan oleh seorang penyiar di televisi, tentang Hari Kartini. Lagi pula anak saya yang duduk di bangku sekolah dasar kok hari ini hanya mengenakan pakaian biasa, seperti layaknya setiap Senin pagi, pakaian olahraga. Tak ada yang menunjukkan adanya perayaan Hari Kartini. Atau karena anak saya bersekolah di dalam cakupan wilayah Jawa Barat. Dengan kontens lokal yang dijadikan rujukan untuk menunjukkan kearifan lokal, mungkin saja (mudah-mudahan tidak) di Jawa Barat tokoh perempuan pejuang yang diperingati bukan R.A. Kartini melainkan Dewi Sartika. 🙂

Harus diakui  peringatan Hari Kartini semakin hari semakin kehilangan pamor. Ditambah lagi ada peringatan Hari Perempuan yang dirayakan secara internasional atau Hari Ibu. Lantas dimana siginifikansi Hari Kartini? Apakah cita-cita Kartini sudah tersalurkan dengan quota kandidat perempuan sebanyak 30 persen dalam pemilu 2009. Yang banyak dilupakan 30 persen tersebut adalah presentasi kandidat, bukan jumlah anggota yang akan duduk didalam parlemen.

Mungkin kita perlu pula mengagendakan dan mengusulkan akan mendukung calon presiden yang memiliki draft calon menteri pendidikan yang perempuan atau menteri perhubungan dan menteri olahraga yang perempuan, karena dengan dua wanita sebagai menteri dalam tim ekonomi kabinet SBY paling tidak perekonomian Indonesia tidaklah terlalu terpuruk.

Selamat Hari Kartini!!

 

 

 

3 responses to “Hari Kartini

  1. Salam kenal, postingan yang menarik, senang membaca blog ini. Semangat Kartini…Majulah guru Indonesia…

  2. ga nyangka udah punya anak yg udah sekolah.
    pas baca postingan pertama kirain masih muda. hehehe. ^^

  3. Pangling yah dengan photonya… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s