PKS Siap Koalisi dengan Partai Manapun

Beberapa waktu yang lalu Freedom Institute dan Fredrich Naumann Stiftung mengadakan pelatihan wartawan ke-10, di Ciloto, Jawa Barat, yang megambil tema mengenai ‘Pemilihan Umum 2009, Partai Politik, dan Konsolidasi Demokrasi.”

Masih teringat, dalam training tersebut salah satu topik yang didiskusikan adalah megenai platform, program, dan azas partai politik yang ada di Indonesia. Perkembangan yang muncul dalam percaturan politik di Indonesia, dengan berbagai kemunculan partai-partai baru, banyak diantara mereka yang tak memiliki platform, ideology, dan program partai yang jelas. Asas yang dijunjung adalah sama-sama Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan memposisikan sebagai partai yang berada di tengah-tengah.

Membaca Media Indonesia Online hari ini membuat teringat kembali apa yang didiskusikan dalam training tersebut. Pernyataan mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid, yang menyatakan PKS siap berkoalisi dengan partai manapun, cukup mengejutkan dan membuat berfikir serta meraba-raba arah yang hendak dituju PKS. Lebih jauh Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa PKS tidak terpaku berkoalisi dengan partai yang berazaskan Islam. Fenomena ini berbeda jauh dengan peilihan umum pada tahun 2004 atau pemilihan umum 1999.

Sesungguhnya PKS adalah satu diantara sedikit partai politik yang memiliki program, platform, dan asas partai yang jelas. Rujukan koalisi seharusnya, jika mengacu pada „perjuangan“ dan „cita-cita“ yang hendak dicapai PKS, adalah platform atau program yang dimiliki oleh partai-partai yang akan mengikuti pemilihan umum 2009. Koalisi harus dibangun berdasarkan kesamaan atau paling tidak kemiripan program dan platform partai politik. Merujuk pada pembagian partai politik berdasarkan platform, program dan konstituen yang diolah oleh Lembaga Survey Indonesia (LSI), koalisi dengan Partai Demokrat atau Golkar sungguh sesuatu yang sulit, apalagi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), idealnya sangat jauh panggang dari api.

Namun mungkin ada sesuatu yang hendak dicapai oleh PKS, yang tak harus berdasarkan persamaan platform atau program partai. Jika itu adalah semata kekuasaan, maka lagi-lagi berbagai janji yang dilontarkan saat kampanye, akan kembali menjadi „pepesan kosong“ yang mustahil akan dilaksanakan. Benturan kepentingan pasti akan terjadi saat menjalankan kekuasaan. Suara arus bawah yang dimiliki oleh PKS akan tak beriringan dengan suara arus bawah Demokrat, Golkar, atau PDI-P. Kembali janji kepada konstituen dipertaruhkan.

Pertanyaan ini sesungguhnya tak hanya berlaku untuk PKS saja. Pertanyaan serupa pun patut dilontarkan untuk partai yang lain. Saatnya partai politik mengacu berbagai rencana koalisi dengan program, visi, platform, atau ideologi partai yang telah disusun. Jangan hanya mementingkan bagaimana merebut „kekuasaan“ dahulu, walaupun politik pada dasarnya adalah seni merebut kekuasaan.

Akan mubazir rasanya jika pada akhirnya berbagai program yang telah dijanjikan tidak akan berjalan dengan mulus karena benturan kepentingan. Bayangkan bagaimana jika PKS harus berkoalisi dengan Partai Damai Sejahtera, yang sudah terjadi dalam pilkada. Bayangkan jika satu partai dalam koalisi pemerintahan yang terbentuk menginginkan adanya privatisasi atau menerima pasar bebas, sementara partai yang lain lebih memilih nasionalisasi dan proteksionisme. Koalisi akan gagal, dan pemerintahan hanya sekedar menjadi uji coba belaka.

Tulisan ini telah dimuat pula di situs Kedai Kebebasan

One response to “PKS Siap Koalisi dengan Partai Manapun

  1. Itu cuma taktik aliran, dan ini sudah banyak dipahami dalam dunia politik aliran di luar negri terutama Timur Tengah. Kebetulan di Indonesia belum banyak yang memahami

    Setelah kekuasaan dipegang PKS, paham apa sih yang bisa disebarkan melalui kebijakan2 politiknya nantinya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s